Konsep MVC - Model View Controller pada PHP



Sesuai dengan apa yang saya janjikan kemarin, kali ini kami akan mengulas sedikit tentang MVC, istilah MVC sendiri mungkin anda sudah sering mendengarnya, istilah MVC sendiri sering dikaitkan dengan Framework, memang konsep MVC sering digunakan dalam pengembangan PHP Framework seperti Codeigniter, Yii, Laravel, dll, namun tidak hanya digunakan pada framework, tetapi juga beberapa CMS besar seperti Joomla, Wordpress, elgg juga menggunakan konsep MVC, lalu apa yang dimaksud dengan mvc itu sendiri ? bagaimana konsepnya ? bagaimana cara membuatnya ?


Konsep Model View Controller

Apa itu MVC ?

MVC adalah kependekan dari model view controller yang berarti sebuah bentuk pemrograman memisahkan berdasarkan logika penanganan tampilan, logika pengontrolan, dan logika pemodelan. dengan menggunakan konsep ini, code program yang kita buat akan lebih terstruktur dan rapi, serta kemudahan untuk dilakukannya maintenance (perbaikan/penambahan atau pengurangan code).

Bagian-bagian dalam MVC

1. Model
Model adalah bagian kode program yang menangani bagian query atau database. Isi dari model merupakan fungsi-fungsi yang berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data pada Database misalnya insert data, update data, delete data, dll. dan bagian Model ini biasanya tidak berhubungan langsung dengan View.

2. View
View adalah bagian dari program yang nantinya akan menjadi User Interface/Antarmuka bagi user, bagian ini biasanya tidak berhubungan langsung dengan bagian Model, tetapi bagian ini sudah diatur dalam controller, View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada pengguna. Jadi bisa di katakan bahwa view merupakan halaman web.

3. Controller
Controller merupakan bagian yang menghubungkan model dan view. Controller berisi blok kode program yang bertugas menerima Request dari user kemudian memprosesnya sesuai dengan request User.




Konsep Model View Controller


Dari sedikit uraian yang ada diatas, dapat disimpulkan bahwa Model adalah bagian yang mengatur interaksi user dengan database, view digunakan untuk membuat user interface, dan controller adalah bagian yang menghubungkan view dengan Model

Dengan menggunakan Konsep ini, kita bisa membuat Program dengan Kode yang terstruktur, yang nantinya bisa mempermudah kita dalam proses pengembangan maupun Maintenance

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Konsep MVC - Model View Controller pada PHP, Jika ada kritik, saran, silahkan berkomentar, semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsep MVC - Model View Controller pada PHP"

Post a Comment