Framework PHP Terbaik

php framework terbaik

PHP merupakan singkatan dari “Hypertext PreProcessor”, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk menangani pembuatan serta pengembangan dari sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan bahasa pemrograman lain, seperti HTML, JS, dll. PHP pada awalnya diciptakan oleh Rasmus Lerdorf  pada tahun 1994, awalnya PHP adalah singkatan dari “Personal Home Page Tools”, kemudian diganti menjadi F1 ( Foroms Interpreter ). Sejak versi 3.0, nama F1 kemudian berganti menjadi PHP hingga sekarang ini, hampir semua website didunia ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, karena bahasa ini sangat cocok untuk pengembangan aplikasi Web. Cepat, Pragmatis dan Fleksible, kekuatan PHP untuk segala sesuatu dimulai untuk blog sampai situs besar di dunia.

Sekarang ini para Web Developers dituntu untuk membangun aplikasi Web dengan tingkat kompleksitas tertentu dan terkadang membutuhkan banyak waktu dan kerumitan jika harus membuat selueuh bagian aplikasi dari awal, untuk itu munculah solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, yakni dengan menggunakan Framework atau kerangka terstruktur untuk pengembangan aplikasi Web

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan daftar framework PHP yang populer yang dapat membatu teman-teman untuk membangun aplikasi Web

1. Laravel

Laravel

Laravel adalah PHP Framework gratis yang dapat teman-teman gunakan, Laravel menggunakan konsep MVC (Model View Controller) pola arsitektur yang diciptakan oleh Taylor Otwell. Meskipun terbilang baru (dirilis tahun 2011), menurut survey Laravel adalah Framework paling populer saat ini, laravel memiliki ekosistem besar.

Laravel memiliki banyak fitur yang dapat teman-teman gunakan, Laravel juga memiliki template engine yang mereka sebut dengan blade.

2. Codeigniter

Codeigniter

Codeigniter adalah framework PHP yang ringan dan sudah lama (rilis tahun 2006). Codeigniter juga menggunakan konsep MVC (Model View Controller), Codeigniter memiliki proses installasi yang mudah dimana hanya membutuhkan konfigurasi minimal, sehingga dapat meminimalisir tingkat kerumitan. Codeigniter juga tidak membutuhkan spesifikasi hosting yang neko-neko, bahkan Codeigniter dapat berjalan dengan normal di versi PHP 5.2.4

Meskipun menggunakan MVC tapi Codeigniter tidak terikat sepenuhnya pada aturan MVC dimana kita harus membuat Controller dan View, melainkan ini merupakan opsional pada codeigniter, dengan ukuran hanya sekitar 3Mb, dan dengan fitur lengkap, framework ini juga menjadi salah satu framework terpopuler, bahkan saya sendiri juga menggunakan Framework ini untuk membuat Aplikasi Web.

3. Yii 2

YII 2

Yii 2 juga merupakan framework Open Source, menggunakan PHP OOP, konsep MVC framework ini juga merupakan framework yang legit untuk teman-teman gunakan, Yii diucapkan sebagai “Yee” dalam bahasa cina berarti “Sedherhana”. Framework ini memungkinkan kinerja situs lebih cepat dari PHP Framework lainnya, karena YII menggunakan teknik lazy loading. Yii 2 muerni menggunakan PHP OOP.

Yii 2 terintegrasi secara langsung dengan Jquery dan Ajax, serta mengimplementasikan mekanisme skining dan theming yang mudah untuk digunakan, sehingga daoat menjadi pilihan yang cocok untuk programmer yang punya latarbelakang frontend. Yii 2 juga memiliki Gii yakni sebuah paket untuk membuat/menggenerate crud secara otomatis.

4. Symfony

Symfony

Symfony adalah framework yang dibuat dengan tujuan mempercepat pembuatan serta pengembangan aplkasi web, menggantikan proses coding yang berulang, komponen framework ini banyak digunakan di CMS Besar sepeti Drupal, phpBB, begitu juga Laravel, Laravel juga masih  bergantung pad Symfony.

Komponen Symfony dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas berbeda, sperti konfigurasi objek, routing, pembuatan form, autentikasi, template, dan masih banyak lagi

5. CakePHP


CakePHP adalah framework yang lebih tua satu tahun dari codeigniter, tepatnya dirilis pada tahun 2005, tapi framework ini tetap menjadi salah satu framework PHP yang populer, karena selalu berhasil berkembang seiring berjalannya waktu. Pada versi CakePHP 3.0, framework ini mendapat peningkatan pada manajemen sesi, modularitas oleh decoupling beberapa komponen, meningkatkan kemampuan untuk menciptakan library mandiri yang powerfull.

CakePHP digunakan oleh beberapa situs besar, seperti Hyundai, BMW, Express, dan masih banyak lagi. CakePHP merupakan framework yang sangat baik untuk menciptakan aplikasi Web. Karena memiliki banyak module yang dapat digunakan

Dalam kasus nyata penggunaan Framework sangat berpengaruh apabila teman-teman memang sudah terbiasa menggunakan Framework, namun jika teman-teman sudah terbiasa menggunakan PHP Native, menggunakan PHP Framework mungkin akan terasa sulit, bagaimanapun sulit atau tidaknya membangun sebuah Aplikasi tidak didasarkan pada bahasa pemrograman ataupun teknik yang kita pakai, melainkan kebiasaan yang sudah kita lakukan.

keyword : 
framework php terbaik
framework php adalah
framework php untuk pemula
framework php termudah
framework php 2017
framework php terbaru
framework php yii
framework php indonesia
framework php


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Framework PHP Terbaik"

Post a Comment